Sintang dan Rumah Betang Panjang

Ini adalah kisah saya menjelajahi Kabupaten Sintang di wilayah perbatasan Indonesia dan Malaysia. Kabupaten Sintang terletak di Kalimantan Barat dan memiliki wilayah yang sangat luas dibandingkan dengan kabupaten lain di Indonesia. Sebagian besar orang Dayak dan beberapa orang Dayak masih tinggal di Rumah Betang Panjang sampai hari ini, yang menarik untuk tidak dikunjungi.

Rumah Betang Panjang adalah rumah yang dibuat memanjang dan dihuni oleh banyak keluarga, sebuah teras dan diisolasi dengan papan dinding untuk setiap keluarga. Model rumah Anda adalah rumah panggung dan tinggi (jarak dari lantai dari tanah). Kayu yang digunakan untuk fondasi rumah ini berasal dari kayu Belian, kayu asli Kalimantan. Kayu Belian adalah kayu terkuat sampai saat ini. Juga, rotan masih digunakan untuk memperbaiki di antara tiang-tiang bangunan.

Setibanya di Kabupaten Sintang, mari kita lihat kota Sintang, yang mengalir melalui Sungai Kapuas, itu adalah sungai terpanjang di Indonesia. Hamparan sungai yang indah, meski saat itu hujan turun ringan. Di persimpangan sungai, tepat di antara Sungai Kapuas dan Sungai Melawi, saya melihat keindahan Istana Almukarimah, warisan Kerajaan Sintang, dari sisi lain.

Kemudian saya langsung menuju rumah Betang terdekat dulu, lokasinya berada di kabupaten Kelam Permai dan hanya 20 km dari kota Sintang. Sebelum mencapai rumah betang yang panjang, menara batu besar terlihat sangat megah. Bagian atas ditutupi dengan awan khas Kalimantan. Namanya Bukit Kelam, katanya, bukit ini adalah batu terbesar kedua di dunia. Saya melakukan perjalanan bersama Bukit Kegelapan sampai saya mencapai Rumah Betang di desa Ensaid Panjang.

Rumah Betang di Desa Ensaid Panjang

Rumah betang ini sangat eksotis, panjangnya sekitar 116 meter dan 31 keluarga tinggal. Di teras saya, saya dapat menikmati pesona indah Bukit Kelam. Di sini saya berniat menginap, karena kamar khusus (lengkap dengan kamar mandi dan dapur) disewakan untuk para pengunjung yang datang. Di sini kita harus mengikuti etika sesuai dengan petunjuk karakter di sini, karena tangga untuk naik turun memiliki makna. Karena itu, jangan menggunakan cara yang salah untuk menghormati aturan warga setempat, tentu tidak melanggar adat setempat.

Di pagi hari, orang biasanya pergi ke ladang atau kebun mereka sampai siang hari. Dan pada sore hari mereka biasanya menenun kain khas Dayak di teras depan mereka dan membuat cangkir atau semacam wadah untuk memasukkan sesuatu. Pengunjung dapat membeli kerajinan mereka, cukup mendatangi mereka di teras rumah masing-masing.

Rumah Betang di pusat kabupaten Ketungau

Kemudian saya pergi ke Kabupaten Ketungau Tengah, perjalanan dari Sintang ke Merakai, ibukota pusat Ketungau, dapat dicapai dengan taksi gandar ganda melalui jalan tanah sekitar 6 jam perjalanan dari Sintang. Atau yang kedua dapat dicapai menggunakan speedboat melintasi Sungai Kapuas dan Sungai Ketungau untuk mencapai Merakai.

Dari Merakai, saya terus mengendarai sepeda motor di jalan desa yang baru diolah, kondisinya tanah dan berbatu. Sekitar 3 jam dengan mobil melintasi sungai dan lumpur saya akhirnya mencapai tujuannya. Saya lupa nama kota tempat Rumah Betang berada di sini. Rumah Betang di sini terlihat berbeda dari Rumah Betang di Ensaid Panjang, yang sebelumnya sangat diperhatikan oleh pemerintah daerah. Rumah Betang sangat asli dan lebih pendek dari sebelumnya, serta keadaan bangunan yang diimprovisasi.

Di depan rumah, sepasang tikar lada / sangah mengering. Tampaknya pada waktu itu beberapa keluarga sedang memanen lada di kebun mereka untuk dijual. Di teras saya melihat beberapa orang memotong kayu untuk membuat kayu bakar. Mereka memberi saya izin untuk mengambil foto di setiap sudut rumah, mereka sangat baik dan senyum mereka tulus.

Rumah Betang di Desa Lubuk Pantak, Kabupaten Ketungau Hulu

Kemudian, saya melanjutkan ke desa Lubuk Pantak, yang terletak di desa Lubuk Pantak, kabupaten Ketungau Tengah, melalui jalan berbatu. Perjalanan itu agak riskan karena lagi-lagi aku pecah 2 kali (sungai kecil) yang menghalangi jalan. Meskipun airnya jernih, cepat, dan sejuk, dia masih khawatir dengan busi yang basah. Beberapa genangan lumpur di perjalanan juga mengeringkan keringat saya karena mengangkat ban compact sepeda motor.

Sampai lebih dari 1 jam perjalanan saya akhirnya sampai ke rumah betang berikutnya. Rumah Betang di Lubuk Pantak di sini ada di tepi jalan, jadi tidak perlu melintasi jalan setapak seperti rumah sebelumnya. Orang-orang muda di sini bertemu lagi di pertemuan itu. Salah satu warga sedang membuka warung di teras depan rumahnya untuk menjual bensin. Wow, jika Anda ingin membeli, Anda tidak perlu meninggalkan rumah!

Motornya diparkir di bawah rumah tinggi. Saat itu menjelang sore, kami melihat para ibu kembali dari ladang memanjat teras mereka melalui tangga yang terbuat dari kayu bulat besar.

Itu adalah perjalanan saya di daerah perbatasan, sebenarnya masih ada banyak rumah Betang di Ketungau tetapi tidak mungkin untuk pergi ke semuanya. Kesan perjalanan saya adalah bahwa orang Dayak sangat baik, selama perjalanan melalui hutan dan perkebunan kelapa sawit saya merasa aman dan tenang meskipun mengendarai sepeda motor saya sendiri. Tidak ada sinyal dan hanya menggunakan GPS (Gunakan penghuni terdekat) untuk mengajukan pertanyaan.

Oh ya teman, jika ada niat untuk mengunjungi Rumah Betang di Sintang, akan lebih baik mengunjunginya pada bulan November, Desember dan Januari. Karena saat itu musim durian, penduduk akan memberi kami durian yang jatuh dari pohon untuk kami makan secara gratis.